4 Hal Istimewa Burung Emprit Hias yang Wajib Anda Ketahui

burung emprit

Burung Emprit – Nama burung emprit diberikan kepada berbagai jenis burung berukuran kecil hingga sedang, meskipun tidak semuanya dianggap sebagai burung emprit.

Burung yang dikenal sebagai burung pipit atau burung peking milik keluarga taksonomi Fringillidae dan memiliki paruh berbentuk kerucut, adaptasi untuk memakan biji, serta bulu yang cerah dan berwarna-warni.

Burung emprit dapat ditemukan di berbagai habitat yang berbeda di seluruh dunia, kecuali di wilayah Arktik dan Australia.

Selain burung emprit, burung lain yang menyandang nama emprit termasuk dalam beberapa famili taksonomi, termasuk Estrildidae (dikenal sebagai emprit estrildid), Emberizidae (famili burung pipit Amerika) dan Thraupidae (famili tanager).

Berbagai jenis emprit dapat ditemukan di habitat yang berbeda. Sebagian besar, burung passerine ditemukan di belahan bumi utara, tetapi ada beberapa spesies asli daerah Neotropik di dunia.

Seperti yang telah disebutkan, burung emprit dapat ditemukan hampir di mana-mana di dunia kecuali Australia dan kawasan Arktik. Emprit lurik, di sisi lain, cenderung menghuni Australia dan daerah tropis Dunia Lama.

Emprit umumnya hidup di daerah berhutan, meskipun beberapa spesies dapat ditemukan di gurun atau daerah pegunungan.

Beberapa spesies burung emprit bahkan memiliki adaptasi khusus yang memungkinkan mereka berkembang di habitat khusus mereka.

Fakta Burung Emprit

Meskipun ada banyak spesies yang menyandang nama emprit, mereka semua termasuk dalam ordo Passeriformes. Inilah alasan mengapa emprit kadang-kadang disebut burung passerine.

Dalam ordo Passeriform, ada dua keluarga utama burung emprit:

  • Burung emprit sejati yang termasuk dalam famili Fringillidae
  • Waxbill atau pipit estrildid yang termasuk dalam famili Estrildidae.

Ada lebih dari 5.000 spesies burung passerine. Faktanya, hampir setengah dari semua spesies burung yang ada termasuk dalam ordo Passeriformes.

Burung emprit sebagai salah satu jenis burung passerine, pada umumnya memiliki empat jari pada masing-masing kakinya: tiga di antaranya menghadap ke depan dan yang keempat menghadap ke belakang.

Susunan kaki khusus ini disebut susunan anisodactyl dan inilah yang memungkinkan burung pipit hinggap di permukaan horizontal seperti cabang serta di permukaan vertikal seperti batang pohon.

Tidak seperti beberapa burung (terutama unggas air), pipit tidak memiliki anyaman di antara jari-jari kakinya.

Burung emprit tidak hanya unik untuk burung lain karena susunan jari-jari kaki anisodactyl, tetapi mereka memiliki adaptasi khusus lain yang memungkinkan mereka untuk tidur sambil bertengger.

Emprit memiliki tendon khusus yang mengalir di bagian belakang setiap kaki, menyebabkan otot-otot kaki menegang saat kaki ditekuk.

burung emprit

Saat otot kaki mengencang, jari-jari kaki melengkung dan menahan posisinya.

Inilah yang terjadi ketika burung pipit jatuh di tempat bertengger dan itu juga yang mencegah burung jatuh dari tempat bertenggernya bahkan ketika sedang tidur.

Meskipun detailnya bervariasi dari satu spesies ke spesies lainnya, burung peking biasanya burung berukuran kecil hingga sedang.

Yang terkecil dari emprit sejati adalah Andes Siskin (Spinus Spinescens) yang tingginya 3,8 inci (9,5 cm).

Burung emprit terbesar adalah Collared grosbeak (Mycerobas Affinis) yang tingginya mencapai 9,4 inci (24 cm) dan berat hingga 2,9 ons (83 g).

Burung pipit umumnya memiliki paruh yang besar, kuat, dan gemuk, meskipun ada banyak variasi dalam ukuran dan bentuk paruh di antara spesies burung peking yang berbeda.

Ini sebagian besar disebabkan oleh radiasi adaptif: perubahan evolusioner yang cepat yang disebabkan oleh perubahan lingkungan.

Dalam hal bulu mereka, burung peking sejati memiliki sembilan remiges (bulu primer) dan dua belas recttrices bulu sekunder.

Pada sebagian besar spesies, warna dasarnya coklat, terkadang dengan warna kehijauan. Banyak burung emprit memiliki bercak hitam atau palang pada bulunya, meskipun bulu putih cukup langka, kecuali tanda atau palang sayap.

Warna kuning cerah dan merah juga cukup umum di antara berbagai spesies emprit. Banyak spesies juga menunjukkan dikromatisme seksual dengan betina dari spesies tertentu yang tidak memiliki tampilan warna cerah jantan.

Meskipun setiap spesies unik, banyak burung pipit memiliki semacam pola terbang memantul: mereka bergantian antara periode mengepakkan sayap singkat dan periode meluncur dengan sayap tertutup.

Beberapa spesies pipit sangat vokal (terkadang sampai berisik) dan pejantan dari banyak spesies pipit bernyanyi sebagai sarana untuk menarik pasangan.

Dalam hal berkembang biak, burung pipit cenderung bertelur berwarna, dan ukuran kopling rata-rata berkisar antara 3 hingga 8 telur, tergantung pada spesiesnya.

Anak emprit dilahirkan tanpa bulu dan buta, sehingga mereka membutuhkan banyak perawatan orang tua selama beberapa minggu pertama, tetapi begitu mereka cukup dewasa untuk terbang sendiri, mereka siap untuk mandiri.

Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Anda Memelihara Burung Emprit

burung emprit

Dengan apa yang sekarang Anda ketahui tentang burung emprit, Anda mungkin memiliki gagasan tentang apakah ini hewan peliharaan yang tepat untuk Anda atau tidak.

Namun, sebelum mengambil keputusan, Anda perlu mengetahui beberapa detail memelihara burung pipit sebagai hewan peliharaan.

Dalam bab ini, Anda akan menerima informasi penting tentang memelihara emprit bersama dengan emprit lain dan hewan peliharaan lainnya, serta gambaran umum tentang pro dan kontra dari emprit peliharaan.

Berikut adalah hal yang perlu Anda perhatikan sebelum memelihara burung emprit:

  • Ketersediaan pakan
  • Kebersihan kandang
  • Biaya perawatan burung emprit

Tempat Burung Emprit

burung emprit

Sekarang setelah Anda mengetahui sedikit lebih banyak tentang kepraktisan memiliki burung pipit, Anda siap untuk membahas lebih detail tentang cara memeliharanya.

Untuk menjaga agar emprit Anda bahagia dan sehat, Anda harus memberi mereka habitat yang aman dan makanan yang sehat.

Burung seperti emprit menghabiskan sebagian besar hidupnya di dalam sangkarnya, jadi memilih sangkar yang tepat bukanlah keputusan yang bisa dibuat dengan mudah.

Di bagian ini, Anda akan menerima petunjuk tentang memilih dan mengakses tempat emprit Anda.

  • Persyaratan Kandang Minimum
  • Aksesoris Dan Mainan Untuk Kandang
  • Hidangan Makanan Dan Air
  • Tempat bertengger
  • Bak mandi
  • Kotak bersarang
  • Bahan Bersarang
  • Tulang sotong
  • Pencahayaan dan Suhu

Makanan Burung Emprit

Di alam liar, burung emprit memiliki pola makan yang bervariasi dari berbagai jenis biji, serangga kecil, dan terkadang kecambah muda.

Sayangnya, banyak burung pipit yang dipelihara di penangkaran ditawari makanan biji saja yang mungkin kekurangan nutrisi penting.

Untuk memastikan burung pipit Anda bahagia dan sehat, Anda harus menciptakan pola makan yang cukup seimbang dalam semua nutrisi penting yang mereka butuhkan.

Untuk menjaga kesehatan emprit Anda, Anda harus memahami dasar-dasar kebutuhan nutrisi mereka dan merancang diet yang memuaskan mereka.

Di alam liar, burung pipit banyak memakan berbagai macam biji-bijian, jadi itulah yang harus Anda berikan kepada burung pipit peliharaan Anda.

Namun, penting untuk diingat bahwa biji bukan satu-satunya yang dimakan emprit liar, tetapi juga memakan serangga kecil dan buah-buahan, sayuran, dan beri tertentu.

burung emprit

Untuk alasan ini, Anda harus memberi makan burung pipit Anda dengan makanan yang terutama terdiri dari biji-bijian tetapi dilengkapi dengan makanan lain.

Bagi kebanyakan burung peking, sekitar 60% hingga 70% makanan harus terdiri dari biji-bijian, tetapi ada juga beberapa makanan penting lainnya yang harus disertakan.

Selain biji-bijian, burung peking harus menerima sejumlah kecil buah dan sayuran segar, serta beberapa biji-bijian yang dimasak dan makanan pelengkap lainnya.

Anda juga dapat memberi burung pipit Anda beberapa suplemen makanan untuk membantu melengkapi nutrisi mereka.

Pastikan campuran benih Anda selalu tersedia karena burung emprit akan memakan makanan hingga 30% dari berat tubuhnya setiap hari.

Selain memberi makan burung peking dengan diet seimbang, Anda juga harus memastikan bahwa air tawar selalu tersedia.

Air tawar tidak hanya penting dalam menjaga burung tetap terhidrasi, tetapi juga akan membantu memastikan pencernaan yang sehat.

Kebanyakan burung peking akan minum air dari mangkuk atau piring kecil yang dipasang di sisi kandang.

Awasi saja dan segarkan air setiap hari, bersihkan mangkuk saat Anda melakukannya untuk menyingkirkan partikel makanan dan kuman.

Anda mungkin juga ingin mempertimbangkan untuk menawarkan emprit Anda sotong untuk memastikan mereka mendapatkan mineral yang mereka butuhkan.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *