4 Perilaku Burung Macaw Biru Dan Kuning yang Unik

burung macaw biru dan kuning

Burung macaw biru dan kuning – Setiap burung memiliki kepribadian yang unik, sama seperti manusia. Perilaku burung macaw biru dan kuning sangat bervariasi tergantung pada kondisi mental, kondisi kesehatan dan juga lingkungannya.

Mereka adalah burung yang sangat cerdas. Mereka dikenal sebagai orang yang ingin tahu, suka bermain, ramah, dan sedikit temperamental.

Kabar baiknya adalah, karena burung ini sangat cerdas, mereka cukup mudah untuk dilatih. Jika Anda membawa pulang burung yang lebih muda, khususnya, Anda dapat bersosialisasi dan melatihnya dengan lebih baik.

Merawat kesehatan fisik dan mental burung macaw biru dan kuning adalah yang paling penting karena mereka dapat mengembangkan masalah perilaku ketika perhatiannya tidak memadai.

Ada beberapa masalah seperti agresi, kebisingan dan juga perilaku teritorial yang ekstrim.

Burung macaw biru dan kuning adalah pembicara terbaik di antara semua spesies macaw. Mereka mampu belajar beberapa kata dan frase.

Mereka juga ekspresif, mereka menggunakan metode komunikasi verbal dan nonverbal yang berbeda.

Seringkali, macaw dikenal sebagai burung yang pendiam dan pemalu. Mereka kurang interaktif pada usia dini.

Saat mereka tumbuh, mereka cenderung menjadi lebih ingin tahu. Mereka suka menjelajah dan juga memahami bagaimana perilaku mereka dapat memengaruhi perilaku Anda.

Faktanya, mereka mempelajari hal-hal seperti cara membawa Anda ke sebuah ruangan atau cara mendapatkan perhatian Anda, jadi pastikan untuk melatih dan mensosialisasikan burung Anda untuk memastikan mereka tidak memanipulasi Anda.

Tanpa perawatan yang tepat dan stimulasi mental yang baik, ada kemungkinan burung macaw biru dan kuning Anda mengalami masalah perilaku yang serius.

Jika Anda telah menyelamatkan atau memelihara burung macaw, Anda harus siap untuk ini sejak awal.

Burung Macaw Biru dan Kuning

burung macaw biru dan kuning

Berikut ini adalah empat perilaku burung macaw biru dan kuning yang perlu Anda ketahui agar semakin menambah wawasan Anda dalam memelihara burung macaw biru dan kuning.

1. Perilaku Mencabut Bulu

Pencabutan bulu biasa terjadi pada burung, karena mereka menggunakan paruh untuk merawat dan sering bersolek.

Satu-satunya saat menjadi masalah serius adalah ketika burung tersebut dimutilasi dalam proses pencabutan bulu. Semakin sering mencabut bulu, semakin besar kemungkinan burung terluka.

Meskipun umumnya dilihat sebagai masalah perilaku, ada beberapa alasan mengapa burung mulai mencabuti bulunya sendiri, seperti:

  • Malnutrisi
  • Kista kulit
  • Infeksi parasit
  • Menekankan
  • Kebosanan
  • Kanker
  • Penyakit hati
  • Alergi makanan atau debu
  • Peradangan kulit
  • Infeksi kulit
  • Keracunan logam berat
  • Masalah metabolisme
  • Kulit kering
  • Kelembaban rendah
  • Kurangnya sinar matahari yang cukup
  • Setiap perubahan dalam pola tidur
  • Adanya pengawet atau pewarna dalam makanan.

Seekor burung yang memiliki masalah mencabut bulu akan cukup agresif dan cemas. Ini bisa sangat berbeda dari perilaku normal burung macaw Anda.

Sangat sering, burung tiba-tiba menunjukkan bulu yang mencabut ketika mereka siap untuk berkembang biak dan bersarang.
Ini juga disebut mencabut tambalan induk.

Anda tahu bahwa burung Anda mencabuti karena naluri untuk berkembang biak karena bulu-bulu di daerah perut dan dada robek.

Sebenarnya, ini dilakukan oleh betina untuk mentransfer panas selama fase inkubasi. Jika burung Anda tidak berpasangan, dorongan seksual membuat mereka mencabuti bulunya, karena mereka tidak dapat memenuhi kebutuhan ini.

Jika burung Anda ditempatkan di kandang yang terlalu kecil atau tempat bertenggernya tidak nyaman, ia bisa mulai mencabuti bulunya.

Ini karena macaw mungkin merasa tidak nyaman dan tidak bahagia di ruangnya.

Jika burung Anda tidak dapat melakukan latihan atau rangsangan mental yang cukup, ia akan menggigit bulunya sendiri sebagai upaya untuk tetap terhibur.

Jika Anda salah memotong sayap burung, ia akan mulai mencabuti bulunya sebagai upaya untuk mencocokkan bulu.

Baca juga: Jenis Jenis Burung Macaw

Burung macaw biru dan kuning adalah burung yang sangat sensitif. Jika mereka melihat banyak gejolak emosional di rumah mereka, seperti pertengkaran terus-menerus, mereka cenderung mengembangkan kecemasan.

Jika mereka melihat burung atau kucing aneh di luar jendela dan menjadi takut. Bahkan perubahan terkecil di lingkungan, seperti kedipan cahaya, dapat cukup mengganggu burung hingga menyebabkan pemetikan.

Ini bisa menjadi waktu yang sangat membuat frustrasi bagi Anda dan burung, dan Anda dapat mengembangkan kebiasaan seperti mengunyah, menggigit, bersolek, dll.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda harus sangat sabar dengan burung Anda dan pertama-tama sampai ke akar masalahnya. Pahami mengapa burung berperilaku seperti ini.

Jika Anda tidak dapat menyelesaikannya sendiri, Anda juga dapat mengunjungi dokter hewan untuk berkonsultasi. Ada beberapa langkah yang dapat Anda ambil untuk membantu mengatasi masalah ini:

  • Jaga agar burung Anda tetap terstimulasi secara mental.
  • Jika macaw mencari perhatian, pastikan Anda tidak menyerah padanya. Sebagai gantinya, beri burung waktu luang ketika mulai memetik untuk memberi tahu dia bahwa dia tidak mendapatkan perhatian Anda.
  • Pastikan makanan yang Anda berikan pada burung Anda sehat dan memadai.
  • Dapatkan bulu dipangkas oleh seorang profesional.
  • Pastikan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur untuk burung Anda.
  • Pencahayaan siang dan malam hari harus konstan. Jika burung Anda berada di ruangan yang memiliki TV, Anda mungkin ingin memberinya tenda untuk mendapatkan istirahat yang cukup.

2. Perilaku Agresif

burung macaw biru dan kuning

Agresi dalam burung macaw biru dan kuning biasanya merupakan upaya untuk mendapatkan perhatian Anda.

Burung yang agresif akan menunjukkan agresi ini terutama saat menggigit. Sekarang, yang sebenarnya diinginkan burung itu adalah perhatian Anda. Jika Anda berteriak atau meneriaki burung itu, burung itu akan membacanya sebagai tanggapan.

Meskipun sulit untuk tidak berteriak setelah gigitan dari rahang kuat macaw biru dan emas, Anda perlu tetap tenang.

Jika burung hinggap di tubuh Anda sambil menunjukkan perilaku agresif, Anda bisa melakukan dua hal. Pertama, masukkan kembali burung ke dalam sangkar dan abaikan sampai ia tenang.

Pergi ke burung hanya saat santai dan tidak menyerang saat memegang.

Hal berikutnya adalah berlari saat burung itu bertengger di atas Anda. Mereka akan merasa tidak stabil dan tidak terlalu menyukai perasaan ini. Jika Anda melakukan ini setiap kali burung Anda menggigit Anda, itu akan dikaitkan dengan perasaan tidak enak dan akhirnya akan berhenti.

Jika perilaku agresif adalah manifestasi yang tiba-tiba, maka Anda harus berkonsultasi dengan dokter hewan Anda.

Ada kemungkinan bahwa burung sedang kepanasan atau memiliki masalah kesehatan yang menyebabkannya berperilaku seperti ini.

Menghabiskan waktu dengan burung Anda dan memperhatikan dengan seksama juga akan mengurangi perilaku agresif.

Baca Juga: 4 Fakta Burung Macaw Biru yang Jarang Orang Tahu

3. Perilaku Bising

burung macaw biru dan kuning

Burung macaw biru dan kuning bisa sangat berisik. Jika Anda tidak suka kebisingan di rumah Anda, macaw bukanlah hewan peliharaan terbaik untuk Anda.

Burung-burung ini adalah burung yang sangat vokal. Namun, ini juga merupakan cara terbaik untuk berkomunikasi dengan burung Anda dan memahami mereka dengan lebih baik.

Wajar jika burung macaw biru dan kuning Anda berteriak selama beberapa menit saat fajar atau senja.

Ini adalah cara alami mereka untuk memanggil kawanan. Meskipun perilaku ini dapat diterima, berteriak menjadi masalah jika terus-menerus.

Jika Anda memperhatikan bahwa burung Anda berteriak setiap kali Anda meninggalkannya, itu hanya untuk menarik perhatian Anda.

Semakin banyak perhatian yang Anda berikan ketika dia berteriak, semakin besar kemungkinan untuk melanjutkan perilaku tersebut.

Saat burung Anda berteriak, tinggalkan ruangan tanpa ada tanggapan. Jika Anda menjawab, burung itu akan percaya bahwa Anda sedang berbicara dengannya. Ini akan membuatnya berteriak lebih keras.

Kembalilah ke burung Anda hanya ketika ia tenang. Itu akan membantu burung memahami bahwa Anda hanya akan pergi bersamanya jika ia berperilaku baik.

Menjaga burung macaw Anda terstimulasi secara mental akan sangat menghentikan masalah ini.

Setiap kali Anda meninggalkan burung itu sendiri, berikan dia mainan mencari makan atau bahkan mainan teka-teki. Itu akan membuatnya mandiri dan tidak terlalu cemas saat sendirian.

4. Bahasa Tubuh Burung Macaw Biru Dan Kuning

burung macaw biru dan kuning

Macaw menggunakan postur untuk mengomunikasikan apa yang mereka rasakan. Anda dapat dengan mudah mengetahui apakah burung Anda senang, marah, bosan, lelah atau sakit hanya dengan melihat posturnya.

Berikut adalah beberapa tips tentang bahasa tubuh yang harus diketahui oleh setiap pemilik burung macaw biru dan kuning:

Tubuh burung macaw biru dan kuning

  • Jika macaw Anda berada di bahu Anda dan terus-menerus menarik kerah baju Anda, itu berarti ia ingin lepas.
  • Jika kepala burung diturunkan sementara sayapnya sedikit terangkat, ia ingin Anda mengangkatnya.
  • Jika burung itu menggantung dengan satu atau kedua kaki dari sangkar, itu dalam suasana hati yang baik.
  • Jika ujung belakangnya menggosok meja sambil berjalan mundur, dia akan istirahat.

Mata burung macaw biru dan kuning

Semua burung beo menunjukkan pinning, yang merupakan pelebaran pupil yang cepat. Ini dilakukan saat burung sedang bersemangat atau saat ketakutan.

Anda dapat mempelajari situasinya untuk mengetahui bagaimana perasaan burung Anda.

Suara burung macaw biru dan kuning

  • Jika macaw berbicara, bersiul, atau bernyanyi, itu berarti dia senang dan cukup puas.
  • Jika burung itu bergumam atau hanya berceloteh pelan, ia sedang melatih kata-kata yang dipelajarinya.
  • Obrolan keras dianggap sebagai perilaku mencari perhatian.
  • Mengklik lidah berarti burung itu hanya menghibur atau memanggil Anda untuk bermain dengannya.
  • Menggeram adalah tanda agresi. Mungkin ada sesuatu di ruangan itu yang mengganggunya. Menghapus objek itu akan membuatnya berhenti segera.

Paruh burung macaw biru dan kuning

  • Jika Anda memperhatikan bahwa macaw Anda menggiling paruhnya sebelum tidur, itu berarti burung itu sangat senang berada di rumah Anda.
  • Mengklik paruh saat Anda lewat adalah cara burung itu menyapa Anda. Pada saat yang sama, mengklik saat Anda memegangnya berarti burung itu tidak ingin Anda memegangnya saat ini.
  • Jika paruhnya ada di tanah dan bulunya halus, ia ingin Anda mengelusnya.
  • Jika macaw Anda memuntahkan, itu adalah tanda kasih sayang yang besar. Mereka melakukannya hanya untuk rekan-rekan mereka di alam liar.
  • Menggelengkan kepala adalah jenis perilaku mencari perhatian.
  • Jika burung itu hanya menggosok paruhnya di tempat bertengger, itu sedang dibersihkan sendiri.

Kaki burung macaw biru dan kuning

  • Jika macaw Anda berdiri tegak dengan berat yang seimbang di kedua kaki, ia senang dan puas.
  • Jika postur burung itu vertikal dan melihat Anda, itu berarti ia ingin Anda mengambilnya saat itu juga.
  • Jika burung merasa gelisah dan tidak sabar, ia akan berayun dari sisi ke sisi di tempat bertengger.
  • Jika burung itu berdiri dengan satu kaki, itu santai.
  • Jika burung Anda berdiri dengan semua bulunya yang halus, ia senang.
  • Jika burung Anda berdiri dengan satu kaki dan paruhnya tersembunyi di bawah sayap, itu hanya sedang dibersihkan.
  • Jika berdiri dengan satu kaki tetapi menggiling memukul paruh, itu lelah.
  • Jika burung itu berdiri dengan satu kaki dengan mata berkaca-kaca dan bulu setengah halus, itu berarti ia tertidur.
  • Jika burung menggaruk bagian bawah kandang, ia ingin Anda mengeluarkannya.
  • Hentakan kaki menunjukkan bahwa burung itu berusaha melindungi wilayahnya.

Bulu macaw biru dan kuning

Bulu yang mengembang dapat berarti salah satu dari hal jenis burung macaw berikut:

  • Macaw biru dan kuning terasa terlalu dingin dan mencoba menghangatkan diri.
  • Burung itu berusaha meredakan ketegangan dan stres.
  • Burung itu sakit.

Posisi jambul burung macaw biru dan kuning

  • Jika jambul dinaikkan, macaw akan bersemangat.
  • Jika lambangnya mengembang itu terlihat seperti tanda agresi
  • Jika lambangnya rata di tanah saat burung itu mendesis, itu berarti burung itu ketakutan atau bersiap untuk menyerang seseorang.

Bentuk ekor

  • Jika ekornya hanya bergetar, macaw biru dan kunig Anda sedang bersiap untuk bersenang-senang.
  • Mengayunkan ekor berarti burung itu lelah atau menarik napas setelah melakukan aktivitas fisik yang berat. Jika perilaku ini diamati bahkan ketika burung tidak melakukan apa pun yang menuntut fisik, Anda harus segera membawanya ke dokter hewan.
  • Mengipasi ekor biasanya merupakan tanda agresi Burung itu menunjukkan kekuatannya melalui bahasa tubuh ini.

Sayapnya

  • Mengepakkan sayap adalah perilaku mencari perhatian.
  • Membalikkan sayap dapat menunjukkan satu atau lebih hal seperti rasa sakit atau tidak nyaman, kemarahan dan agresi, panggilan untuk perhatian Anda.
  • Jika sayap burung Anda terkulai, biasanya itu pertanda bahwa burung itu tidak sehat.

Kepala burung macaw biru dan kuning

  • Jika kepala berbalik dan bersembunyi di bawah sayap, macaw biru dan kunng tertidur.
  • Ketika kepalanya diturunkan dan diputar, burung Anda menemukan sesuatu yang sangat menarik.
  • Jika kepalanya rendah dan sayapnya memanjang, burung Anda meregang atau menguap.

Pola perilaku sederhana burung macaw biru dan kuning ini akan membantu Anda memilih waktu terbaik untuk membentuk ikatan itu dengan hewan peliharaan kesayangan Anda.

Merespon dengan benar bahasa tubuh ini juga membantu burung untuk lebih mempercayai Anda karena Anda sekarang adalah salah satu dari mereka.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *