4 Fakta Burung Macaw Biru yang Jarang Orang Tahu

burung macaw biru

Merpati JuaraBurung Macaw Biru atau Macaw hyacinth adalah jenis burung macaw yang menakjubkan. Ukurannya yang besar akan membuat siapa pun berhenti sejenak dan memperhatikannya. Kuning cerah di sekitar mata dan di pangkal dan sudut paruh membuat spesies burung macaw biru terbesar tampak tersenyum terus-menerus. Ini adalah burung paruh bengkok untuk seseorang yang rela memiliki dengan harga mahal dan memiliki ruang kosong.

Burung Macaw Biru mungkin yang paling menakjubkan dari keluarga macaw, dan tentu saja yang terbesar. Ini adalah yang terbesar dari semua burung paruh bengkok.

Berasal dari Brasil, Paraguay dan Bolivia, burung macaw biru adalah burung peliharaan yang baik, dengan jantan dewasa mencapai lebih dari 40 inci panjangnya.

Sangat sedikit orang yang benar-benar memiliki burung macam biru sebagai peliharaan, dan mungkin hanya akan senang melihatnya di kebun binatang atau toko burung yang lebih besar.

Terlepas dari ukurannya, kegemarannya mematuk, suara yang keras, dan biaya yang mahal, membuat burung macaw biru ini adalah burung peliharaan bagi orang yang memiliki waktu banyak, kesabaran, dan dompet yang tebal untuk memelihara binatang cantik ini dengan benar.

Macaw hyacinth adalah warna kobalt yang menakjubkan di seluruh tubuhnya, dengan cincin kuning cerah di sekitar matanya dan warna kuning yang sama di pangkal dan sudut paruhnya. Hal ini sering disebut hanya sebagai “burung macaw biru.”

Burung Macaw Biru dan Cara Merawatnya

burung macaw biru

Pemilik yang tepat untuk macaw hyacinth adalah seseorang yang telah berhasil memelihara banyak burung sebelumnya, atau seseorang yang telah melakukan banyak penelitian, telah berkonsultasi dengan para ahli, dan tahu persis apa yang mereka hadapi. Namun, Hyacinth bukanlah burung pertama yang hebat hanya karena bisa menjadi sedikit jenis burung macaw.

Burung Macaw Biru membutuhkan diet yang sangat spesifik. Di alam liar, makanan burung ini hampir seluruhnya terdiri dari kacang palem dari dua jenis pohon palem tertentu.

Macaw Hyacinth memanen kacang dari pohon di alam liar, meskipun burung itu juga memiliki cara yang sangat khas untuk menemukan kacang yang sudah terlepas dari lapisan luarnya yang keras dan berserat. Burung macaw biru mencari makan di lahan ternak mencari kotoran yang mengandung kacang, yang tidak dapat dicerna untuk dimakan ternak.

Makanan macaw biru sangat tinggi lemak, dan meskipun Anda mungkin tidak dapat menemukan kacang palem, Anda dapat mengganti kacang Brazil, kenari, almond, macadamia, kelapa, pistachio, dan kacang mete.

Anda mungkin tidak akan pernah melihat macaw biru yang gemuk, mereka tampaknya sangat mudah memetabolisme lemak dan, pada kenyataannya, perlu didorong untuk makan apa pun, seperti buah-buahan dan sayuran, yang harus diberi makan setiap hari. Tentu saja, diet berbasis biji dan pelet yang baik juga dapat ditawarkan.

Burung besar ini membutuhkan area perumahan yang sangat besar. Bersedia mengabdikan sebagian besar rumah mereka untuk burung ini. Kandang biasa tidak cocok untuk jenis burung ini. Tidak hanya sebagian besar kandang komersial terlalu kecil, burung macaw biru dapat dengan mudah keluar darinya.

Kandang khusus atau salah satu kandang komersial terbesar bisa digunakan, meskipun ruangan penuh, teras, atau area tertutup yang aman dan kedap burung lebih baik. Semua burung mendapat manfaat dari terbang, dan burung ini akan membutuhkan banyak ruang jika ingin menikmati latihan penting ini. Bahkan burung macaw biru dengan bulu sayap yang dipangkas membutuhkan banyak ruang untuk mengepak dan memanjat.

Burung macaw biru bisa sangat merusak dan membutuhkan banyak mainan kayu dan ranting untuk dikunyah. Tangkringan bermain yang kokoh adalah suatu keharusan, meskipun tangkringan bermain komersial yang paling kokoh sekalipun akan kesulitan menahan paruh macaw biru yang kuat. Pohon bermain yang besar, aman, dan dapat diganti juga merupakan hal yang baik.

Burung ini, seperti semua burung paruh bengkok, membutuhkan banyak waktu luang setiap hari untuk bermain dengan pemiliknya atau sekadar bercanda. Ini adalah burung sosial, biasanya terlihat berpasangan atau dalam kelompok kecil di alam liar.

Mereka bukan penyendiri, dan akan kesepian tanpa ditemani. Burung macaw biru jika sendirian akan menjadi rewel dan neurotik, dan dapat mulai melukai diri sendiri dan berteriak berlebihan. Mereka akan bergaul dengan burung lain, terutama burung beo yang baru, tetapi burung baru tersebut harus diperkenalkan terlebih dahulu.

Baca Juga : 10 Jenis Burung Macaw Terindah Yang Wajib Kamu Ketahui

Kepribadian & Perilaku Burung Macaw Biru

burung macaw biru

Burung macaw biru memang penyayang, tapi tidak lembut. Macaw biru sangat mudah ditundukkan, tetapi mereka cenderung ingin bermain kasar dengan macaw lainnya, dan dengan pemilik mereka.

Paruhnya membawa lebih dari 200 pon tekanan per inci persegi. Itu berarti ia bisa mematahkan sapu menjadi dua dengan satu kali tekan oleh paruhnya. Bahkan macaw biru yang sangat jinak masih bisa lincah (jika Anda bisa menyebut paruh besar itu lincah), tapi itu biasanya perilaku main-main.

Karena paruhnya sangat menakutkan, burung ini paling baik dipelihara oleh orang yang tidak takut digigit, tidak ada jaminan, bahkan dengan burung yang paling jinak sekalipun, bahwa gigitan sesekali tidak akan terjadi.

Suara Burung Macaw Biru

burung macaw biru

Jika Anda memiliki tetangga dekat, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali untuk membeli macaw biru ini. Burung ini sangat keras dan cenderung melengking.

Satu burung macaw biru mungkin tidak terlalu mengganggu tetangga, tetapi sepasang macaw biru akan menambah volume. Selain itu, macaw biru yang keras dapat menarik perhatian para penjebak burung yang ingin menjual burung yang begitu mahal, jadi pastikan untuk menjaga burung Anda aman dari kemungkinan pencurian.

Macaw biru bukanlah pembicara terbaik di antara macaw, tetapi mereka akan mempelajari beberapa kata dan frasa favorit dan mengulanginya berulang-ulang. Burung-burung ini sangat cerdas, dan mungkin juga belajar mengontekstualisasikan kata-kata tertentu.

Kesehatan Burung Macaw Biru

burung macaw biru

Burung macaw biru sangat rentan terhadap paruh yang tumbuh terlalu besar dan membutuhkan persediaan bahan pangan yang aman untuk dikunyah. Seperti spesies macaw lainnya, burung macaw biru rentan terhadap penyakit dilatasi proventrikular, psittacosis, dan papiloma.

Diet yang memenuhi kebutuhan khusus burung macaw biru serta pemeriksaan kesehatan rutin adalah kunci untuk menjaga kesehatan.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *