7 Burung Pipit Paling Indah Didunia

burung pipit

Merpati JuaraBurung pipit – Ada lebih dari seratus jenis burung pipit di dunia, tetapi tidak semuanya populer untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan. Faktanya, hanya spesies burung pipit tertentu yang baik untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Spesies burung pipit liar kurang cocok untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan, oleh karena itu, jika Anda mempertimbangkan burung pipit sebagai hewan peliharaan, pastikan untuk memilih spesies yang dijinakkan dan pastikan bahwa burung yang Anda beli dibiakkan di penangkaran, bukan ditangkap di alam liar.

Burung pipit yang paling indah didunia

  • Burung pipit Zebra
  • Burung pipit Gouldian
  • Burung pipit Society
  • Burung pipit Star
  • Burung pipit Owl
  • Burung pipit Strawberry
  • Burung pipit Spice

1. Burung pipit zebra

burung pipit

Burung pipit zebra sejauh ini merupakan salah satu spesies kutilang paling populer yang dipelihara sebagai hewan peliharaan, sebagian karena mereka adalah spesies yang sangat tahan.

Zebra finch tumbuh sekitar 4 inci (10 cm) tinggi dan berat 17 sampai 19 gram pada saat jatuh tempo.

Burung kecil ini mendapatkan namanya dari pola bergaris hitam putih di kepala dan dada bagian atas yang kontras dengan perut putih cerah dan bercak kastanye di pipi dan di bawah sayap.

Burung pipit zebra juga dikenal sebagai burung emprit berbintik-bintik atau bertelinga kastanye dan hadir dalam beberapa varian warna, seperti mutasi yang benar-benar putih dan mutasi berwarna coklat kekuningan.

Burung pipit Zebra berasal dari Australia dan merupakan jenis sosial dan aktif, tetapi juga agak agresif dan teritorial. Emprit ini tidak bernyanyi dengan sangat baik tetapi bereproduksi secara produktif.

2. Burung pipit gouldian

burung pipit

Burung pipit Gouldian, juga dikenal sebagai Lady Gouldian Finch, spesies emprit ini dikenal dengan warnanya yang cerah. Burung-burung kecil ini memiliki dada ungu cerah dengan perut kuning yang memudar menjadi putih dan berbagai warna hijau di sepanjang punggungnya.

Kepala berwarna hitam dengan warna oranye atau merah. Pewarnaan inilah yang memberi spesies ini banyak julukan, termasuk pipit pelangi dan pipit berdada ungu.

Kadang-kadang juga disebut emprit yang dicat, meskipun nama ini sebenarnya milik spesies yang terpisah.

Burung pipit Gouldian tumbuh setinggi sekitar 5 inci (13 cm) dan beratnya 16 hingga 17 gram saat dewasa. Burung emprit ini sangat tahan di penangkaran, meskipun perlu waktu lebih lama untuk membiasakan diri dengan habitatnya.

Burung pipit Gouldian dianggap sebagai spesies pasif, yang berarti mereka cenderung bergaul dengan emprit lainnya. Emprit ini tidak bernyanyi dengan baik dan sulit untuk berkembang biak.

3. Burung pipit society

burung pipit

Juga dikenal sebagai burung pipit Bengal (mengacu pada asal-usulnya di Asia), burung ini adalah spesies burung pipit kecil dan tahan yang cenderung bergaul dengan emprit lainnya.

Burung-burung ini tumbuh setinggi kira-kira 10 cm dan datang dalam berbagai warna dan pola, meskipun beberapa corak cokelat lebih umum.

Burung-burung ini bernyanyi dengan sangat baik dan mereka adalah peternak yang produktif.

Nyanyian burung pipit Society sedikit melengking, terkadang dengan bunyi derik – jantan bernyanyi lebih banyak daripada betina dan nyanyian mereka sering mirip dengan burung jantan yang memelihara mereka.

Burung pipit Society adalah spesies peliharaan yang dikembangkan dari spesies emprit Asia, meskipun tidak ditemukan di mana pun di alam liar.

Spesies ini sangat sosial, sering menunjukkan perawatan kelompok dan mereka bahkan akan bertindak sebagai orang tua asuh, membesarkan anak-anak ayam dari spesies lain bersama dengan anak-anak mereka sendiri.

4. Burung pipit star

burung pipit

Burung pipit Star adalah salah satu spesies emprit yang paling mudah untuk diidentifikasi karena memiliki dada kuning kehijauan, punggung hijau zaitun, dan tenggorokan dengan bintik-bintik putih, dan wajah merah cerah (walaupun ada mutasi warna dengan wajah kuning).

Burung ini tumbuh sekitar 4,25 inci (11 cm) dan berat maksimum sekitar 14 gram.

Emprit Star membutuhkan sedikit waktu ekstra untuk menyesuaikan diri, tetapi begitu mereka melakukannya, mereka adalah spesies yang sangat tahan. Burung ini juga sangat pasif, sehingga mereka rukun dengan burung pipit lainnya.

Burung pipit Star memiliki lagu yang cukup tenang, tetapi sangat enak untuk didengarkan. Spesies ini berasal dari Australia dan dikenal dengan alamnya yang tenang, tenang dan damai.

Emprit Star cenderung hidup dalam kawanan berukuran sedang hingga besar dan merupakan peternak yang sangat produktif. Burung-burung ini menikmati biji-bijian dan serangga seperti kebanyakan makanan mereka.

5. Burung pipit owl

burung pipit

Burung pipit owl diberi nama untuk warna dan pola burung hantu yang dikenalnya. Burung ini memiliki tubuh berwarna abu-abu kecoklatan dengan sayap berbintik hitam putih, ekor berwarna gelap, dan dada bagian atas berwarna putih.

Namun, yang benar-benar membedakan spesies ini adalah wajahnya yang putih cerah yang dibatasi oleh pita hitam tipis dengan pita hitam lain yang melintasi bagian bawah dada. Burung pipit ini juga memiliki paruh berwarna biru keabu-abuan.

Burung emprit adalah jenis yang ramah dan sosial, mereka juga cukup pasif, sehingga mereka bergaul dengan baik dengan spesies lain.

Burung-burung ini membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri, tetapi mereka sangat tahan begitu mereka melakukannya dan juga merupakan peternak yang produktif di penangkaran.

Burung pipit owl tumbuh hingga 4 inci (10 cm) tinggi dan beratnya 15 sampai 17 gram pada saat jatuh tempo. Burung-burung ini sedikit lebih langka daripada spesies lain, sehingga mereka cenderung sedikit lebih mahal untuk dibeli.

6. Burung pipit strawberry

burung pipit

Juga dikenal sebagai Red Avadavat, burung pipit Strawberry adalah spesies emprit kecil yang dikenal dengan warna merah cerah dan bintik-bintik putih.

Burung-burung ini tumbuh hingga ketinggian 3,6 hingga 4 inci (9 hingga 10 cm) dan beratnya hanya sekitar 7 gram atau lebih pada saat dewasa.

Burung pipit stroberi membutuhkan waktu untuk menyesuaikan diri tetapi mereka sangat kuat begitu mereka melakukannya dan mereka adalah spesies yang berumur panjang juga.

Selain dikenal dengan warna merah cerahnya, emprit Strawberry juga dikenal dengan kemampuan menyanyinya yang sangat baik.

Burung pipit ini agak sulit untuk berkembang biak, meskipun dimorfisme seksual mereka membuatnya sangat mudah untuk membedakan jantan dari betina.

Emprit Strawberry jantan memiliki lagu seperti seruling yang indah dan, sementara betinanya juga bernyanyi, itu tidak terlalu keras.

7. Burung pipit spice

burung pipit

Burung pipit Spice juga dikenal sebagai Munia Berdada Bersisik karena pola seperti sisik di dadanya. Burung emprit ini biasanya berwarna coklat pada bagian kepala, punggung, ekor, dan sayap dengan dada berwarna putih berhias pola seperti sisik.

Spesies ini hadir dalam tiga belas subspesies dan mereka juga dikenal sebagai Nutmeg Finch, Spotted Mannikin, atau Maskot Finch.

Burung pipit Spice sedikit lebih besar dari emprit lainnya, tumbuh hingga 4,5 inci (11,5 cm), tetapi beratnya masih hanya sekitar 9,5 gram.

Burung Emprit ini sangat kuat dan mereka adalah spesies pasif yang bercampur dengan baik dengan burung pipit lainnya.

Kelemahannya adalah burung pipit ini tidak banyak bernyanyi dan sangat sulit untuk berkembang biak. Namun, jika Anda mencari spesies yang damai dan sosial, burung pipit Spice sangat bagus.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *