5 Hal Tentang Emprit Zebra yang Harus Anda Ketahui

emprit zebra

Emprit Zebra – Burung emprit zebra adalah yang paling populer di antara burung emprit. Mereka adalah burung kecil yang sering berkembang biak dan menjadi burung peliharaan yang baik untuk pemula.

Emprit Zebra relatif kuat, mudah dirawat, dan membutuhkan komitmen waktu yang minimal. Umur seekor emprit zebra adalah 3 hingga 15 tahun.

Emprit Zebra telah disimpan di penangkaran selama lebih dari satu abad dan umumnya dipelihara berpasangan di mana mereka menghibur diri mereka sendiri tanpa banyak interaksi dengan pemiliknya.

Burung pipit zebra sebenarnya bukan yang terkecil dari semua burung pipit. Burung pipit lain seperti pipit Gouldian, pipit bumbu, pipit biru, pipit bintang, dan pipit stroberi mungkin memiliki warna yang lebih cerah, tetapi hanya sedikit yang lebih mudah dipelihara daripada emprit zebra.

Burung pipit zebra memiliki bulu yang berwarna-warni. Ini membuat burung mudah dikenali.

Pipit Zebra juga memiliki paruh yang tebal dan runcing dengan warna merah-oranye atau oranye lilin yang cerah dan relatif mudah dilihat dari kejauhan.

Mereka sering digunakan dalam penelitian ilmiah karena siklus kawin mereka yang pendek.

Mereka juga telah digunakan untuk studi tentang pencetakan baru jadi, pemilihan pasangan, dan pembelajaran lagu secara khusus mengenai bagaimana mereka menyuarakan.

Baik peking zebra jantan dan betina memiliki paruh berwarna-warni ini, meskipun paruh betina mungkin relatif lebih kusam, jika tidak, jenis kelaminnya terlihat sangat berbeda.

Emprit zebra jantan memiliki kepala dan tengkuk abu-abu dengan tambalan pipi oranye yang menonjol dan titik air mata hitam di mata.

Dada bagian atas dan tenggorokan memiliki garis-garis horizontal hitam dan putih halus, dengan bercak hitam lebar di dada.

Ini memiliki paruh oranye-merah cerah pada saat jatuh tempo dan sisi-sisinya memiliki bercak kemerahan dan bintik-bintik putih yang mencolok, meskipun bercak-bercak ini mungkin tidak mudah terlihat tergantung pada bagaimana burung itu memegang sayapnya.

Bagian belakang dan sayap berwarna cokelat, ekornya memiliki garis-garis hitam dan putih yang tebal, dan pantat, perut bagian bawah, dan bulu di bawah ekor berwarna putih polos.

Emprit zebra betina berwarna lebih kusam dan memiliki tanda serupa tanpa tambalan di pipi dan hanya sedikit buff wash di sisi tanpa bintik.

Ini memiliki paruh oranye pucat, namun, untuk kedua jenis kelamin, kaki dan kakinya pucat.

Burung muda atau remaja menyerupai betina tetapi umumnya lebih coklat dan paruhnya berwarna hitam.

Jenis Emprit Zebra

emprit zebra

Emprit Zebra memiliki berbagai jenis, diantaranya adalah:

  • Burung pipit zebra pied
  • Burung pipit zebra putih
  • Zebra pipit hitam
  • Emprit zebra Florida Fancy
  • Emprit Zebra berdada oranye
  • pipi rusa emprit zebra
  • Pipit Zebra berwajah hitam
  • Burung pipit zebra jambul
  • Burung pipit zebra berdada hitam
  • Pipit Zebra putih diapit kastanye
  • Burung pipit zebra eumo
  • Burung pipit zebra perak yang dominan .

Fakta Tentang Burung Emprit Zebra

emprit zebra

Pipit Zebra berasal dari daerah gersang di Australia tengah, hidup dalam kawanan besar di habitat asli mereka di sana.

Mereka juga dapat ditemukan di Timor Timur dan Indonesia.

Pipit Zebra telah diperkenalkan ke negara-negara Portugal dan Kosta Rika, di mana kawanan liar sekarang ada.

Habitat yang disukai pipit zebra termasuk padang rumput terbuka, area budidaya seperti sawah, berbagai padang rumput, dan hutan dengan pohon dan semak yang tersebar, lebih disukai di dekat badan air.

Emprit Zebra adalah burung kecil yang tenang, aktif, dan menyenangkan untuk ditonton.

Meski berukuran kecil, zebra finch membutuhkan sangkar yang besar untuk bisa terbang. Semua burung pipit bersifat sosial dan harus dipelihara berpasangan.

Sepasang jantan dan betina akan sering bereproduksi dengan cukup mudah, jadi Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk hanya memelihara emprit zebra betina.

Beberapa orang biasanya memelihara mereka berpasangan atau berkelompok lebih dari enam orang. Jika Anda memiliki lebih dari satu pasang, Anda memerlukan kandang yang lebih besar, seperti kandang burung atau kandang terbang.

Meskipun mereka bersosialisasi satu sama lain, emprit zebra tidak benar-benar terikat kuat dengan orang-orang.

Mereka bisa membosankan, tetapi mereka tidak suka menangani. Namun, dengan banyak pelatihan, Anda bisa mendapatkannya.

Ketika berbicara tentang verbalisasi atau vokalisasi, burung itu membuat kicauan diam dan mengintip yang mudah ditoleransi.

Spesies ini harus sesuai untuk apartemen atau kondominium.

Pipit Zebra adalah burung yang cantik.

Mereka adalah dimorfik gender, yang berarti Anda dapat membedakan jenis kelamin hanya dengan melihatnya.

Emprit Zebra dan Pola Perilakunya

emprit zebra

Emprit Zebra adalah burung sosial yang hidup berkelompok di alam liar. Mereka tidak suka disentuh dan dipegang, tetapi mereka jarang menggigit.

Mereka sebenarnya tidak “bisa dilatih” seperti burung jenis nuri.

Anda biasanya dapat menemukan burung pipit yang dibesarkan dengan tangan atau Anda mungkin harus membesarkan bayi sendiri.

Oleh karena itu, dalam kasus tersebut, Anda akan memiliki burung emprit yang melekat pada orang, dan dengan senang hati akan bertengger di bahu atau tangan Anda dan terasa sangat nyaman.

Hindari memaksa burung emprit untuk bersikap “ramah”, karena hal ini kemungkinan akan membuat burung stres dan takut.

Emprit Zebra membutuhkan banyak interaksi sosial dengan burung lain agar tetap sehat dan bahagia.

Itu selalu baik untuk menjaga setidaknya dua pipit zebra bersama-sama.

Pasangan dapat berupa jenis kelamin yang sama atau lawan jenis, meskipun wanita mungkin lebih cocok bersama daripada pria.

Jika pasangan sesama jenis dipelihara, sarang atau sarang tidak boleh ditempatkan di dalam kandang, karena dapat menyebabkan perkelahian antar burung.

Kandang yang berisi pipit zebra hanya satu jenis kelamin tidak boleh disimpan di ruangan yang sama dengan pipit zebra dari lawan jenis.

Jika burung dapat mendengar kicauan calon pasangannya, mereka biasanya berkelahi dengan teman sangkarnya untuk mencoba menciptakan wilayah.

Mereka dapat dipelihara dengan jenis burung kutilang atau paruh lunak lainnya selama kandangnya cukup besar untuk memungkinkan berbagai burung memiliki wilayah mereka sendiri dan berinteraksi tanpa konflik atau terlalu banyak persaingan.

Lakukan dengan baik untuk meneliti calon pasangan kandang secara menyeluruh untuk memastikan burung-burung cenderung rukun.

Suara Dan Ocehan Emprit Zebra

Semua emprit memiliki berbagai suara dan peluit. Emprit Zebra memiliki lagu yang menggetarkan, tenang, dan percakapan.

Ayah burung sering mengajari anak-anaknya untuk bersuara.

Dia mengajarkan sebuah lagu, dan mereka berlatih atau berimprovisasi dengan sedikit siulan dan getaran untuk mempersonalisasikannya dan banyak dari improvisasi mereka terdengar seperti suara eksternal yang biasanya mereka dengar.

Anda dapat memutar musik atau bernyanyi untuk burung Anda untuk menginspirasi mereka.

Catatan: Emprit Zebra adalah penyanyi yang nyaring dan riuh. Lagu mereka adalah bunyi bip kecil, yang mengarah ke lagu berirama dengan berbagai kompleksitas pada pipit zebra jantan.

Laki-laki mulai bernyanyi pada masa pubertas, sedangkan perempuan tidak memiliki kemampuan menyanyi.

Kandang Untuk Emprit Zebra

emprit zebra

Saat memelihara burung pipit zebra sebagai hewan peliharaan, ketinggian kandang tidak sepenting ruang untuk terbang mendatar, sehingga diperbolehkan kandang yang panjang tapi pendek.

Ini adalah ide yang baik untuk mendapatkan kandang terbesar yang Anda bisa.

Ukuran yang baik untuk sepasang emprit harus memiliki panjang 30 inci, lebar 18 inci, dan tinggi 18 inci.

Jika Anda membeli kelompok burung yang lebih besar, kandang burung atau kandang terbang yang besar akan sesuai.

Jarak antara kabel harus sekitar 1/4 hingga 1/2 inci untuk mencegah burung terperangkap di antara kabel.

Pilih berbagai tempat bertengger, karena ini membantu kaki burung Anda tetap sehat dan kuat.

Pastikan kandang tidak berantakan dan tidak rapi agar burung emprit tidak bisa terbang bolak-balik.

Untuk tempat bertengger, Anda dapat menggunakan pasak dalam beberapa ukuran berbeda, atau menambahkan beberapa cabang alami, mungkin memancingnya untuk variasi.

Anda juga dapat menyediakan tangga dan ayunan, meskipun tangga cenderung digunakan sebagai tempat bertengger alih-alih memanjat. Beri mereka mainan gantung, meskipun mereka tidak terlalu tertarik dengan mainan.

Emprit zebra berkembang biak dengan sangat baik di penangkaran, jadi sarang tidak boleh ditempatkan di kandang atau kandang burung kecuali mereka perlu diperbanyak.

Mereka sangat produktif dan akan bertelur di sarang dengan ukuran berapa pun, bahkan di cangkir makanan mereka sendiri.

Karena reproduksi yang subur ini, pemilik finch harus memutuskan apakah mereka berpasangan dengan jenis kelamin yang sama atau berlawanan.

Memiliki sepasang pipit zebra yang sedang berkembang biak memerlukan pembelian kandang tambahan (anak ayam dewasa harus dibuang dan dikeluarkan dari kandang induknya pada usia enam minggu) dan suplemen makanan.

Kandang emprit zebra harus diletakkan di atas tanah di tempat yang tenang dan aman di rumah Anda, jauh dari area berangin seperti pintu, jendela, atau ventilasi.

Tidak seperti burung beo, burung emprit tidak mencari interaksi sosial dengan orang-orang, sehingga stres mereka akan berkurang jika mereka menjauh dari pusat aktivitas.

Pipit Zebra dapat dipelihara dalam kisaran suhu putih, tetapi pastikan untuk menghindari fluktuasi suhu, sinar matahari langsung, dan angin.

Namun, di iklim yang lebih hangat, Anda dapat menyesuaikan burung pipit zebra dengan kandang burung di luar ruangan.

Anda mungkin ingin memindahkan sangkar burung Anda ke ruangan yang tenang untuk tidur atau menutupi sangkar burung Anda di malam hari.

Menempatkannya di tempat yang tenang atau menutupi sangkar membantu burung Anda mendapatkan sarang yang dibutuhkannya agar tetap sehat.

Bahkan kebisingan yang tenang di ruangan dari komputer atau televisi dapat mengganggu istirahat burung Anda dan mencegahnya untuk mendapatkan jumlah tidur yang sehat.

Jika sangkar berada di area yang digunakan setelah burung Anda tidur, Anda perlu memindahkan sangkar ke ruangan yang lebih tenang di malam hari.

Segera setelah burung Anda terbiasa dengan lingkungannya, keluarkan dari kandang setidaknya sekali sehari.

Sebaiknya sediakan piring dangkal atau panci berisi air tawar beberapa kali seminggu untuk mandi dan menjaga bulu tetap bersih.

Kuku sering kali perlu dipangkas, tetapi hati-hati, karena sedikit saja pendarahan bisa berakibat fatal.

1. Kotak sarang dan keranjang

Keranjang sarang perlu disediakan karena pipit zebra senang tidur di sarang.

Kotak sarang kayu berukuran sekitar 12 x 12 x 12 cm juga diperlukan, terutama selama musim kawin, karena mereka memiliki kebiasaan bertelur di setiap ruang yang tersedia, termasuk nampan makanan.

Anda bisa menggunakan sabut kelapa atau jerami kering/rumput sebagai bahan sarang.

2. Substrat Kertas

Tempatkan substrat kertas di bagian bawah kandang untuk dengan mudah mengidentifikasi kelainan pada kotoran mereka.

Substrat kertas harus diganti setiap hari untuk memastikan kebersihan yang tepat. Jerami lembut dan rumput adalah pilihan yang baik untuk substrat di kotak berikut.

3. Pencahayaan

Orang sering menggunakan pencahayaan spektrum penuh untuk mencegah penumpahan kulit. Namun, itu tidak penting untuk pipit zebra.

Pencahayaan ultraviolet buatan (UVA) dapat digunakan jika disimpan di ruangan yang menerima jumlah cahaya yang tidak memadai.

4. Suhu yang Diperlukan

Emprit Zebra beradaptasi dengan baik dengan suhu kamar tetapi harus dijauhkan dari angin dingin atau unit pendingin udara.

Suhu tidak boleh turun di bawah 40 ° F hingga 50 ° F selama pembiakan karena mereka akan berkembang, berkembang, dan bertahan hidup dengan baik di lingkungan yang cukup hangat dan pastikan untuk menghindari sinar matahari langsung.

Makanan Burung Emprit Zebra

emprit zebra

Emprit Zebra adalah burung pemakan biji dan mereka menyukai biji millet dan biji berkecambah apa pun yang berguna bagi mereka.

Mereka adalah herbivora (granivora) dan makan terutama pada rumput, biji-bijian, dan biji-bijian.

Pipit Zebra melengkapi makanan mereka dengan serangga (terutama rayap dan semut) untuk menyediakan protein untuk pembentukan telur dan bunga yang tepat.

Campuran benih dan satu sendok teh pakan Pelet dapat diberikan sebagai makanan dasar harian.

Pelet adalah sumber nutrisi yang diformulasikan yang baik untuk ditawarkan sebagai bagian dari diet yang bervariasi dan seimbang. Bersikeras membuat emprit Anda menerima makanan granular.

Penting juga untuk memberi mereka buah dan sayuran dalam jumlah yang cukup seperti ubi jalar, wortel, beri, melon, selada air, kangkung, bibit rumput, chickweed, pisang, mangga, selada romaine, brokoli, apel, bayam (dalam jumlah sedang) untuk diet mereka yang biasa.

Anda dapat bereksperimen untuk mengetahui apa yang mereka sukai dan terus menawarkan variasi.

Emprit zebra Anda mungkin perlu beberapa kali mencoba untuk menerima makanan baru.

Hindari memberi mereka alpukat karena berbahaya bagi kebanyakan burung.

Anda juga dapat memberikan suplemen lain, seperti telur atau suplemen makanan telur yang dimasak dengan cangkang keras komersial. Ini sangat ideal untuk semua burung dan sangat penting untuk membiakkan burung.

Sediakan tulang sotong sebagai suplemen vitamin dan kalsium. Grit tidak lagi didukung sebagai suplemen untuk burung emprit.

Namun, jika Anda menawarkan grit, tawarkan hanya beberapa butir pada satu waktu dan sangat jarang.

Lakukan dengan baik untuk menyediakan air minum setiap hari.

Saat memberi makan makanan segar, pastikan untuk membuang apa pun yang belum Anda makan setelah beberapa jam agar makanan tidak rusak dan cuci piring dengan saksama sebelum menggunakannya lagi.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *