10 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Memelihara Burung Macaw

memelihara burung macaw

Memelihara Burung Macaw – Jika ide memiliki burung beo yang aktif dan menyenangkan menarik bagi Anda, mungkin memelihara burung macaw akan cocok dengan kesenangan yang Anda peroleh.

Meskipun dapat memberi Anda banyak kasih sayang, cinta, dan kesenangan, burung macaw ini tidak seperti kebanyakan sahabat berbulu lainnya dalam hal pemeliharaan dan persyaratan perilaku.

Untuk alasan ini, penting untuk mengetahui kualitas unik tertentu dari burung tersebut sebelum memelihara burung macaw.

Mari kita mulai dengan daftar periksa kesesuaian cepat. Saya sangat menyarankan Anda untuk serius memikirkan pertimbangan atau pertanyaan ini sebelum mengadopsi atau memelihara burung macaw.

Memelihara Burung Macaw

memelihara burung macaw

Berikut ini adalah 10 hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memelihara burung macaw sebagai binatang peliharaan dirumah kamu.

1. Apakah ini pertama kalinya Anda memiliki hewan peliharaan ?

Seekor macaw membutuhkan banyak perhatian. Itu tidak mendekati jenis burung yang bisa digambarkan sebagai penyendiri.

Tidak akan puas hidup sendiri, bahkan jika Anda menyediakan semua makanan dan mainan di kandangnya. Macaw memiliki kebutuhan bawaan untuk berinteraksi dengan burung lain dan teman manusia mereka.

Oleh karena itu, mmelihara burung macaw bisa sangat sulit jika Anda belum pernah memiliki pengalaman dengan burung peliharaan. Bahkan jika Anda bekerja dari rumah dan memiliki banyak waktu luang untuk dihabiskan bersama burung itu, burung itu kemungkinan akan mengikuti Anda di sekitar rumah.

Ia akan berharap dari satu pusat kegiatan ke pusat kegiatan lainnya selama berada di luar kandang. Hal ini dapat menyebabkan gangguan besar pada cara Anda menjalani aktivitas sehari-hari dan bahkan dapat memengaruhi orang lain di rumah jika Anda memiliki keluarga atau tinggal bersama orang lain.

Anda mungkin perlu memelihara jenis burung lain terlebih dahulu jika ini adalah pertama kalinya Anda memiliki burung peliharaan.

Namun, jika Anda merasa memiliki apa yang diperlukan untuk mengatasi tantangan tersebut, Anda mungkin perlu melakukan penyesuaian yang cukup besar pada rutinitas harian Anda.

Baca juga: Jenis Jenis Burung Macaw

2. Apakah Anda siap untuk komitmen jangka panjang ?

Macaw adalah burung yang berumur panjang. Dalam kebanyakan kasus, harapan hidup macaw adalah antara 40 dan 50 tahun.

Putuskan apakah ini adalah periode di mana Anda bersedia menjalin hubungan dengan pemilik hewan peliharaan sebelum mengadopsinya.

Akan lebih baik untuk tidak membawanya pulang jika Anda merasa bahwa komitmen jangka panjang untuk merawat hewan peliharaan bukanlah keinginan Anda.

memelihara burung macaw

3. Apakah Anda sering bepergian ?

Seekor macaw bukanlah hewan peliharaan yang tepat untuk Anda jika gaya hidup Anda melibatkan perjalanan yang sering. Tidak ada jalan lain.

Saya sangat menyarankan Anda untuk tidak mengadopsi burung yang sedikit perhatian jika Anda sering bepergian.

Macaw membutuhkan banyak perhatian setiap hari, dan Anda mungkin tidak dapat memberikan perawatan yang memadai jika Anda sering berada jauh dari rumah.

Seekor macaw dirancang untuk persahabatan dan tumbuh subur saat berinteraksi dengan pemiliknya. Jangan menghilangkan dorongan bawaan untuk persahabatan dan interaksi sehari-hari ini.

Apakah Anda sering bepergian atau menghabiskan berjam-jam jauh dari rumah setiap hari, mungkin di tempat kerja, Anda mungkin tidak boleh memelihara burung macaw.

Seekor macaw kemungkinan akan sakit jika dibiarkan terlalu lama.

Banyak orang yang salah mengira bahwa burung ini hanya berfungsi sebagai pendamping ketika pemiliknya memutuskan demikian. Namun, tidak demikian dengan macaw. Hubungannya adalah simbiosis baik pemilik dan hewan peliharaan menawarkan persahabatan, dan burung membutuhkan lebih banyak.

4. Apakah Anda berencana untuk segera pindah ?

Pertimbangkan untuk mendapatkan hewan peliharaan lain jika Anda berencana untuk pindah ke kota lain dalam beberapa tahun ke depan.

Meskipun macaw dapat beradaptasi dengan cepat dengan lingkungan baru, burung umumnya sensitif terhadap perubahan lokasi. Pindah ke rumah baru berpotensi menyebabkan stres bagi hewan peliharaan Anda.

Keributan memindahkan furnitur dan kemasan yang bising bisa membuat burung Anda stres. Juga, relokasi mungkin memerlukan pencarian dokter hewan baru, terutama jika Anda pergi ke kota lain.

Mungkin tidak mudah menemukan dokter hewan burung di kota baru, tergantung ke mana Anda akan pindah. Idealnya, Anda harus mempertimbangkan memelihara burung macaw jika Anda tidak berniat membuat perubahan gaya hidup besar-besaran di masa mendatang.

5. Berapa banyak kebisingan yang dapat Anda tangani ?

Macaw bisa diam ketika mereka tidak ingin berbicara.

Namun, mereka akan mengeluarkan teriakan sesekali yang bisa sangat keras. Misalnya, Hyacinth macaw atau burung macaw biru dapat memekik pada tingkat kebisingan 120 desibel yang menyakitkan, mirip dengan volume gergaji mesin atau mesin jet. Beberapa spesies lain bahkan dapat melebihi tingkat kebisingan tersebut.

Seekor macaw sama sekali tidak pendiam. Tidak seperti burung beo lainnya, macaw tidak memiliki banyak kosakata dan cenderung melakukan pekerjaan yang buruk dalam meniru kata-kata manusia. Namun, itu tidak menghilangkan kemampuan untuk berteriak sangat keras.

Sementara beberapa spesies macaw lebih keras daripada yang lain, yang terbaik adalah mengadopsi jenis burung lain jika Anda menginginkan rumah yang tenang.

Anda tidak dapat sepenuhnya mengesampingkan kawanan yang memekik atau memekakkan telinga dengan macaw, terlepas dari spesiesnya.

Biasanya bukan langkah terbaik untuk memiliki salah satu burung ini di rumah Anda jika suara keras dengan mudah mengganggu Anda.

6. Bisakah Anda hidup dengan menggigit ?

Menggigit adalah cara macaw untuk mengatakan bahwa ia takut, stres, kesal, atau lelah.

Macaw dapat menggigit Anda dan orang lain di rumah ketika mengalami semua ini, terutama selama pelatihan.

Untungnya, Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk meminimalkan gigitan, meskipun tidak mungkin untuk mencegah sepenuhnya dalam memelihara burung macaw.

memelihara burung macaw

7. Apakah Anda siap untuk membeli banyak mainan ?

Macaw adalah pengunyah yang rajin, menjelajahi hampir semua hal dengan paruhnya. Jangan memelihara burung macaw jika Anda tidak siap untuk berinvestasi dalam banyak mainan, termasuk mainan pengayaan dan mainan kunyah.

Yang pertama akan menantang kecerdasan mereka untuk memberikan stimulasi mental dan menghindari kebosanan. Yang terakhir akan memuaskan naluri mengunyah mereka.

Sayangnya, seekor macaw tidak tahu apakah yang tersedia adalah mainan, pakaian yang indah, atau perabot yang mahal.

Jika Anda memiliki akses tidak terbatas ke barang yang dapat dihancurkan, burung itu akan menjelajahinya dengan paruhnya dan dapat merusak barang-barang rumah tangga Anda yang berharga.

Menyediakan mainan seperti bola anggur, mainan berayun, dan balok kayu adalah cara yang bagus untuk memungkinkan burung menjaga paruhnya tetap sehat, serta mencegahnya merusak perabotan Anda dan barang berharga lainnya.

8. Apakah Anda siap sering mendengar banyak keributan ?

Semua burung membuat banyak kekacauan, dan macaw tidak terkecuali. Jika Anda berpikir untuk memelihara burung macaw satu, Anda harus bersedia untuk membersihkan setelah hewan peliharaan setiap hari jika Anda menginginkan sesuatu seperti lingkungan yang bersih.

Seekor macaw bisa menjadi pemakan yang lebih berantakan daripada burung peliharaan lainnya.

Ia juga dapat menghasilkan kotoran yang lebih besar dan lebih banyak daripada kakatua atau parkit, misalnya, tergantung pada makanannya.

Mainan robek, makanan berceceran, dan bulu adalah bagian dari apa yang diharapkan di dinding dan lantai.

Tentu saja, Anda dapat meminimalkan kekacauan dengan menggunakan terpal plastik dan metode lainnya, tetapi akan selalu ada bulu, sisa makanan, dan kotoran, apa pun tindakan yang Anda terapkan.

Jika ini bukan sesuatu yang ingin Anda tangani untuk waktu yang lama, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali untuk memelihara burung macaw.

9. Apa anda punya anak ?

Seekor macaw biasanya bukan pilihan hewan peliharaan terbaik untuk anak-anak, terutama anak-anak yang masih sangat kecil.

Namun, memiliki keluarga adalah keuntungan besar bagi burung dan semua orang di rumah. Macaw akan menikmati kesibukan aktivitas rumah sambil memberikan banyak hiburan badut untuk keluarga.

Jika Anda tidak di rumah, ia dapat sepenuhnya menikmati kebersamaan dengan anggota rumah tangga lainnya.

Kelemahannya adalah anak-anak dapat mengalami kesulitan untuk menangani atau berinteraksi dengan benar dengan burung tersebut.

Jenis burung macaw dapat menggigit jika anak Anda secara tidak sengaja menyakiti atau membuatnya takut. Meskipun menggigit mungkin tidak berbahaya, ini bukan pengalaman yang menyenangkan, terutama bagi anak-anak.

Jika Anda memiliki anak, Anda harus bersedia mengajari mereka penanganan dan interaksi macaw yang benar agar tidak sering menggigit.

Seperti disebutkan di atas, tidak mungkin untuk sepenuhnya menghilangkan nipping. Itu berarti anak-anak Anda mungkin harus mengalami gigitan sesekali juga, bahkan jika mereka mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan dan mempelajari cara yang benar untuk bersosialisasi dengan burung itu.

Juga, jika seseorang di rumah Anda memiliki sistem kekebalan yang lemah, Anda mungkin ingin mempertimbangkan kembali keputusan Anda untuk memelihara burung macaw.

Burung itu cukup kuat untuk membawa infeksi tanpa tertular penyakit. Ini bisa berisiko bagi orang dengan sistem kekebalan yang lemah.

10. Apa Anda punya hewan peliharaan lain yang lebih besar di rumah?

Seekor macaw mungkin tidak muat di rumah Anda jika Anda memiliki hewan peliharaan lain yang lebih besar yang bisa agresif terhadap burung.

Anda harus mengawasi anjing dan kucing Anda jika mereka ada di sekitar Anda, terutama pada saat burung keluar dari kandang.

Bahkan jika hewan peliharaan yang lebih besar tidak kasar, mereka dapat secara tidak sengaja menakut-nakuti burung hanya dengan melihatnya di dalam kandangnya.

Menempatkan macaw dalam kondisi seperti itu dapat membuatnya stres hampir sepanjang hari, terutama ketika Anda tidak berada di rumah untuk memantau hewan pendamping Anda yang lain.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *