3 Cara Ampuh Merawat Burung Pipit Hias

merawat burung pipit hias

Merawat Burung Pipit Hias – Meskipun memberikan makanan sehat dan kandang yang bersih kepada burung pipit adalah cara yang baik untuk menjaganya tetap sehat, ada kalanya burung pipit Anda tetap sakit.

Jika ini terjadi, penting untuk mengambil tindakan tegas untuk mengidentifikasi gejala penyakit sehingga Anda dapat membawa burung Anda ke dokter hewan unggas dan memberitahunya apa yang terjadi.

Semakin cepat Anda dapat mencatat gejala dan mencari pengobatan untuk burung pipit hias Anda, semakin baik peluang mereka untuk sembuh total.

Namun, selain itu, ada banyak langkah yang dapat Anda ambil untuk merawat burung pipit hias Anda dari penyakit potensial.

Hal terpenting yang harus dilakukan adalah menjaga kebersihan kandang mereka.

Di bawah ini Anda akan menemukan ikhtisar tugas pembersihan harian, mingguan, dan bulanan yang direkomendasikan untuk kandang burung pipit hias Anda.

Baca Juga: 5 Hal Tentang Emprit Zebra yang Harus Anda Ketahui

Merawat Burung Pipit Hias

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat burung pipit hias agar tetap sehat dan memiliki bulu yang indah dan warna yang cerah.

1. Pembersihan kandang harian

merawat burung pipit hias

Setiap hari, Anda perlu mengganti liner sangkar burung pipit, membersihkan piring makanan dan air, serta membersihkan dan menyegarkan tempat mandi burung pipit hias Anda.

Anda mungkin juga ingin membersihkan mainan dan aksesori burung jika kotor.

Karena liner sangkar perlu diganti setiap hari, Anda mungkin ingin menggunakan koran untuk melapisi sangkar daripada membeli liner sangkar, ini akan menghemat banyak uang.

Trik lain untuk menghemat waktu adalah dengan meletakkan beberapa lapis koran di bagian bawah kandang.

Kemudian ketika saatnya untuk membersihkan, Anda cukup mengambil koran lapisan atas.

Ketika datang untuk membersihkan mangkuk makanan dan air, serta mandi burung, perlu untuk membersihkan dan mendisinfeksi objek.

Cuci piring dengan air sabun panas, lalu bilas hingga bersih. Untuk membersihkan, rendam piring dalam campuran 1/2 cup pemutih dalam 1 ember air.

Biarkan piring terendam selama 5-10 menit, lalu bilas dengan baik dan keringkan sepenuhnya sebelum diisi ulang dan dimasukkan kembali ke dalam kandang.

Pembersihan dan desinfeksi harian sangat penting dalam merawat burung pipit hias Anda.

2. Pembersihan kandang mingguan dan bulanan

merawat burung pipit hias

Selain membersihkan aksesori kandang burung emprit hias setiap hari, Anda harus membersihkan seluruh kandang secara menyeluruh seminggu sekali dalam merawat burung pipit hias.

Jika Anda hanya memiliki satu burung pipit hias, Anda mungkin dapat menunggu dan membersihkan kandang hanya setiap dua minggu atau bahkan sebulan sekali.

Namun, untuk beberapa burung pipit hias, yang terbaik adalah membersihkan kandang setiap minggu. Untuk melakukan ini, Anda perlu membawa burung Anda ke tempat yang aman. Anda ingin menyimpan kandang cadangan untuk tujuan ini.

Untuk membersihkan kandang, singkirkan apa pun yang tidak melekat secara permanen dan bersihkan item satu per satu dengan air sabun panas.

Sekali lagi, bersihkan semuanya dengan larutan pemutih, lalu bilas dengan baik dan keringkan sepenuhnya.

Untuk membersihkan kandang sendiri, Anda harus menggunakan semprotan desinfektan yang aman untuk burung dan membersihkan seluruh kandang.

Setelah aksesori bersih, didesinfeksi, dan kering, Anda dapat memasang kembali sangkar.

3. Karantina Burung Baru Sebelum Diperkenalkan

merawat burung pipit hias

Tergantung pada spesies yang Anda pilih, Anda mungkin dapat memelihara beberapa burung pipit hias bersama-sama ketika merawat burung pipit hias.

Jika ini adalah sesuatu yang Anda pertimbangkan, hal terbaik untuk dilakukan adalah membelinya saat mereka masih muda dan membesarkan mereka bersama.

Namun, jika Anda memutuskan untuk menambahkan burung baru nanti, Anda perlu mengkarantina burung baru untuk memastikan bahwa ia tidak menimbulkan penyakit apa pun.

Berikut adalah beberapa tips untuk mengkarantina burung baru:

  • Karantina selalu direkomendasikan untuk burung baru, praktek ini tidak boleh disediakan untuk peternak.
  • Burung baru harus benar-benar diisolasi selama karantina, simpan di ruangan yang benar-benar terpisah, jika memungkinkan.
  • Matikan AC/pemanas dari dan ke ruang karantina untuk menghindari polusi udara, burung baru Anda mungkin perlu menghirup udara segar dari luar dengan kipas angin.
  • Awasi burung Anda selama masa karantina untuk mencari tanda-tanda penyakit.
  • Menjaga karantina cukup lama untuk memastikan bahwa penyakit apa pun mengakhiri masa inkubasinya, ini bisa memakan waktu hingga enam minggu.
  • Selama karantina, berhati-hatilah untuk tidak berbagi aksesori atau alat di antara kedua kandang. Anda juga harus berhati-hati saat mengganti pakaian dan mencuci tangan.
  • Hanya jika burung Anda tidak menunjukkan tanda-tanda sakit setelah karantina enam minggu, maka dianggap aman untuk memperkenalkannya ke burung pipit hias Anda yang lain.
merawat burung pipit hias

Jika burung pipit hias baru Anda berhasil melewati masa karantina tanpa insiden, Anda dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memasukkannya ke dalam kandangnya.

Sekali lagi, ini adalah proses yang tidak boleh terburu-buru demi keselamatan dan kesejahteraan semua burung Anda saat merawat burung pipit hias.

Anda bisa mulai dengan menempatkan kedua kandang di ruangan yang sama sehingga burung bisa terbiasa satu sama lain dari jauh, kemudian perlahan-lahan mendekatkan kedua kandang selama beberapa minggu dan memberikan waktu terbatas bagi burung-burung itu bersama-sama dalam kandang terbang bersama.

Saat Anda siap untuk menggabungkan burung secara permanen, pastikan kandangnya benar-benar bersih dan tertata sehingga setiap burung dapat memiliki wilayahnya sendiri.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *