14 Pakan Burung Perkutut yang Paling Baik

pakan burung perkutut

Merpati JuaraPakan Burung Perkutut merupakan hal yang wajib Anda perhatikan dalam memelihara burung perkutut. Sebab jika salah sedikit saja dalam memberi pakan burung perkutut, maka akan menjadikan burung perkutut tidak gacor ataupun malah menjadi kurang sehat. Untuk itu mari simak ulasan dibawah ini sampai tuntas agar banyak mendapatkan informasi yang lengkap.

Burung perkutut secara garis besar ada dua macam, yaitu perkutut lokal dan perkutut impor ( biasanya dari Thailand ). Namun, untuk jenis pakan burung perkutut cenderung sama, baik perkutut lokal ataupun perkutut import.

Banyak pakan burung perkutut yang biasa dijual ditoko makanan burung, namun kami rekomendasikan pakan burung perkutut terbaik yang berhasil kami himpun dari berbagai sumber.

Pakan Burung Perkutut yang Paling Baik

pakan burung perkutut

Dalam pengalaman para pecinta burung, makanan yang sangat disukai burung adalah sumber pakan alami dari biji-bijian dibandingkan dengan membeli pakan kemasan di pasaran.

Dari pengalaman tersebut, banyak orang yang suka mengombinasikan pakan burung perkutut dari bahan kemasan menggunakan pakan jenis grain, antara lain benih ketan hitam, kacang hijau, beras merah, millet, gabah, dan jenis biji-bijian lain yang dianggap memiliki kandungan gizi yang baik. .

Pakan biji-bijian yang telah kita peroleh tadi dapat kita campurkan sehingga menjadi satu dengan tujuan untuk mencapai gizi yang baik dan juga burung perkutut tidak bosan dengan menu makanan yang telah kita sajikan.

Berikut ini adalah pakan burung perkutut terbaik untuk penggunaan sehari-hari:

1. Biji Millet

Pakan burung perkutut dari biji jenis ini tergolong makanan yang sangat digemari oleh burung perkutut, jika kita memberikan biji millet terlalu banyak dikhawatirkan akan membuat burung menjadi gemuk dan tentunya tidak baik untuk kesehatan.

Kandungan nutrisi, protein dan vitamin dalam biji millet sangat baik sehingga burung perkutut terlihat energik dan sering gacor merdu.

Komposisi yang baik digunakan saat memilih biji millet adalah memilih millet putih dengan tambahan sedikit millet merah.

2. Kacang Hijau

Biji kacang hijau sangat baik untuk kesehatan tubuh kita, bahkan hampir sama baiknya jika dikonsumsi oleh burung perkutut.

Kelemahan biji kacang hijau adalah ukurannya yang besar membuat sulit untuk memakannya, terkadang perlu bantuan untuk memecahnya satu per satu, agar lebih mudah untuk dimakan dan dicerna, ada baiknya juga untuk merebus kacang hijau terlebih dahulu untuk melunakkan teksturnya.

3. Biji Gondem

Biji gondem ini juga sangat digemari oleh burung perkutut, bentuk bijinya seperti juwawut, namun biji gondemnya berwarna hitam mengkilat dan konturnya halus.

Fungsinya baik untuk burung perkutut yang rajin perform atau gacor karena kondisi tubuhnya lebih hangat setelah memakan biji gondem.

Sekedar saran, jangan terlalu banyak memberikan bibit gondem karena biasanya dapat merusak kualitas suara perkutut itu sendiri.

4. Biji Kenari

Biji Kenari merupakan biji-bijian yang banyak mengandung protein, lemak dan karbohidrat yang dapat berfungsi untuk menyegarkan stamina burung perkutut, menyegarkan suara kicau agar tidak serak.

5. Kencur

pakan burung perkutut

Kencur memang bukan berupa pakan biji-bijian dan bukan makanan yang diberikan setiap hari, hanya digunakan untuk makanan tambahan yang bisa membuat tenggorokan burung perkutut lega sehingga pita suaranya bisa terjaga.

Selain itu, kencur juga berfungsi untuk memperlancar pencernaan. Pemberian kencur bisa kita sajikan dengan cara dipotong kecil-kecil dan bisa juga kita bantu dengan cara mencairkannya satu persatu.

Dosis yang baik untuk burung perkutut ini diberikan dalam waktu 3 kali sehari dan setiap pemberian tidak terlalu banyak.

Baca Juga: 9 Ciri Perkutut Lokal

6. Enceng-Enceng

Eceng gondok merupakan salah satu jenis tumbuhan yang nama lainnya disebut ngorok/kartok. Jika dijadikan pakan burung perkutut, hanya bisa diambil bijinya saja. Manfaat biji air-air adalah untuk membantu burung perkutut bernafas dan menghangatkan tubuhnya.

7. Pakan Kemasan

Berbagai merk dijual bebas di pasaran, jadi tidak masalah jika tidak ingin variasi membuat pakan sendiri yang mengetahui kandungan nutrisi dalam pakan tersebut.

Dari berbagai jenis pakan di atas, Anda bisa memilih dan melihat pakan mana yang sangat ampuh untuk membuat burung perkutut kesayangan Anda tampil atau gacor dengan kualitas yang baik.

Dan sebagai saran jika ingin burung perkutut anda tetap berkualitas gunakanlah pakan biji-bijian alami agar anda paham betul kandungan nutrisi yang akan diberikan pada perkutut, seperti biji millet, beras merah dan lain-lain.

Tujuan pemberian pakan tambahan burung perkutut adalah untuk meningkatkan pertumbuhan burung perkutut agar cepat tumbuh dan tetap sehat dan bugar sehingga kelangsungan hidupnya dapat terjamin.

8. Jewawut

Pakan dari barley atau jewawut merupakan makanan yang sangat digemari oleh burung perkutut, bentuknya hampir sama dengan millet, namun warnanya agak orange dan konturnya lebih kasar.

Kandungan juwawut memiliki kandungan protein yang tinggi sehingga sangat baik jika diberikan saat burung perkutut mengerami telurnya. Juga sangat baik diberikan saat perkutut masih anakan karena sangat membantu pertumbuhannya.

9. Beras Merah

Berdasarkan pengalaman, beras merah mampu meningkatkan birahi burung perkutut itu sendiri, sehingga jika burung perkutut anda sangat sulit untuk dikembangbiakkan atau birahinya sulit muncul, Anda bisa memberinya biji beras merah, beras merah sendiri mengandung Vitamin E yang tinggi dan baik, juga mengandung Vitamin B kompleks yang sangat baik untuk tubuh perkutut.

10. Ketan Hitam

Fungsi utama pemberian pakan benih ketan hitam ini memiliki keunggulan dan fungsi dapat menghangatkan tubuh burung perkutut saat musim penghujan tiba, sehingga kesehatan perkutut dapat terjaga.

Kelemahan memakan biji ketan hitam adalah burung perkutut sangat tidak menyukainya, sehingga rentan jika kita memberikan ketan hitam terus menerus burung perkutut tidak mau memakannya.

11. Biji Sorgum

Makanan dari biji sorgum bekerja sangat baik untuk menjaga energi burung perkutut agar bisa lebih aktif dan gacor. Namun jika kita memberikan terlalu banyak biji sorgum dapat membuat burung perkutut kegemukan dan tentunya merusak kualitas suaranya.

12. Biji Gabah

pakan burung perkutut

Pakan dari biji-bijian ini kami berikan sebagai pakan tambahan atau sebagai selingan agar burung perkutut tidak bosan.

Jika kita memberi makan biji-bijian ini dalam jumlah banyak, tidak akan menyebabkan perkutut menjadi gemuk karena biji-bijian kaya akan serat.

Gabah ini juga sangat mudah didapatkan sehingga dapat dijadikan sebagai alternatif jika pakan lain tidak tersedia.

13. Tulang Sotong

Tulang sotong kaya akan kalsium, garam magnesium, natrium klorida, kalsium karbonat, dan kalsium fosfat. Pakan tulang sotong merupakan jenis pakan tambahan karena sulit ditemukan, dan cara penyajiannya mudah yaitu kita tinggal menggantungkannya di dinding kandang dan mengikatnya agar tidak mudah jatuh.

14. Biji Sawi

Biji sawi mengandung protein, lemak, karbohidrat, Vitamin E, Vitamin A, Vitamin K, Kalsium, dan lain-lain yang sangat baik untuk pertumbuhan burung perkutut. Sangat cocok diberikan saat burung perkutut masih berupa anakan atau bahan, karena dapat mempercepat pertumbuhan burung perkutut dan menjadikan tubuh burung perkutut menjadi lebih kekar.

Kesimpulan

Pakan Burung Perkutut memang banyak jenisnya. Anda harus selalu rajin mengkombinasikannya agar burung perkutut tidak bosan dan tetap memiliki suar yang indah dan juga memiliki badan yang sehat.

Sekian sharing kita hari ini, semoga dapat menambah wawasan untuk Anda. Akhir kata diucapkan banyak terima kasih dan semoga hari Anda menyenangkan.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *