5 Lokasi Rumah Burung Walet yang Paling Disukai Walet

rumah burung walet

Merpati JuaraRumah burung walet merupakan hal terpenting dalam membangun bisnis sarang burung walet. Lokasinya harus Anda perhatikan dengan betul agar banyak burung walet yang mau bersarang didalamnya. Kan tidak enak jika sudah membangun rumah burung walet dengan fasilitas yang lengkap tapi hanya sedikit saja burung walet yang mau bersarang disana, pasti Anda merasa jengkel dengan hal itu.

Membangun rumah burung walet tidak semudah membangun bengunan untuk tempat tinggal Anda, karena Anda harus memperhatikan dengan betul apakah ada koloni burung walet didekat bangunan tersebut.

Jika kita membangun rumah burung walet tanpa memperhatikan lokasi tersebut maka Anda harus berusaha lebih keras dan juga biaya yang mahal untuk mendatangkan burung walet ke bangunan tersebut.

Lain lagi jika memperhatikan dengan betul lokasi mana saja yang terdapat koloni burung walet, pasti tidak membutuhkan banyak biaya untuk mendatangkan banyak burung walet ke dalam rumah burung walet tersebut.

Untuk itu kami akan memberikan lokasi mana saja dalam membangun rumah burung walet agar cepat mendatangkan burung walet kedalam rumah burung walet tersebut.

Baca Juga : Harga Sarang Walet Per Kilo yang Paling Baru

Rumah Burung Walet dan Lokasi Terbaiknya

Inilah beberapa lokasi yang dapat Anda perhatikan dalam membangun rumah burung walet agar cepat mendatangkan banyak walet.

1. Pinggir Persawahan

rumah burung walet

Lokasi yang pertama dalam membangun rumah burung walet adalah diarea persawahan. Karena area persawahan adalah tempat yang disukai oleh banyak burung walet. Alasannya adalah diarea persawahan merupakan sumber makanan bagi burung walet.

Burung walet suka makan berbagai jenis belalang kecil yang ada dipersawahan. Maka dari itu banyak burung walet yang suka berkoloni didekat area perawahan.

Cobalah untuk membangun rumah burung walet diarea ini. Maka tak menutup kemungkinan banyak burung walet yang datang ke rumah burung walet tersebut.

Baca Juga : 5 Jenis Sarang Burung Walet dan Khasiatnya

2. Area Ladang

rumah burung walet

Sama seperti area persawahan, diladangpun banyak terdapat sumber makanan bagi burung walet. Maka tak menutup kemungkinan banyak burung walet berkoloni disana.

Ini menjadi sangat menarik bukan ? Karena banyak jumlah burung walet berkoloni dan mencari makan disana. Cobalah membangun rumah burung walet diarea ini. Kemungkinan besar banyak koloni burung walet yang mau bersarang disana.

3. Dekat Pasar Tradisional

rumah burung walet

Lokasi rumah burung walet selanjutnya adalah di dekat pasar tradisional. Ya betul, didekat pasar tradisional. Lokasi ini menjadi tempat favorit bagi burung walet untuk mencari makan disana. Karena banyak hewan-hewan kecil seperti lalat yang banyak terdapat dipasar tradisional. Ini merupakan sumber utama makanan burung walet.

Bangunlah rumah burung walet didekat pasar-pasar tradisional ini. Kemungkinan besar banyak burung walet yang mau membangun sarang dalam bangunan yang Anda sediakan.

Untuk jaraknya dengan pasar tradisional yaitu maksimal 100 meter dari lokasi pasar tradisional tersebut. Namun ini bukan menjadi patokan, hanya sebagai perkiraan saja dalam membangun rumah burung walet didekat pasar tradisional.

Baca Juga : Harga Sarang Walet dan 5 Jenisnya

4. Dekat Sungai atau Pantai Berbatu

rumah burung walet

Lokasi ini sebetulnya tempat alami dari burung walet tersebut. Karena dihabitat aslinya, koloni burung walet suka membangun sarang pada tebing-tebing dekat pantai. Ini bertujuan agar sarang burung walet tidak diganggu oleh binatang lainnya, sehingga banyak burung walet membangun sarangnya dilokasi tebing berbatu.

Cobalah untuk menempatkan bangunan rumah burung walet Anda dilokasi ini. Kemungkinan besar banyak burung walet yang akan membuat sarang-sarangnya pada bangunan tersebut.

Jangan lupa untuk terus menggali informasi tentang lokasi ini. Karena biasanya didekat pantai memiliki ombak yang kurang menentu sehingga dikhawatirkan dapat mengenai rumah burung walet yang Anda bangun disini.

5. Area Perkebunan Kelapa

rumah burung walet

Diarea ini banyak terdapat sumber pakan bagi burung walet tersebut. Karena diarea perkebunan kelapa banyak sekali hewan- hewan kecil yang menjadi sumber pakan bagi burung walet tersebut.

Cobalah menempatkan salah satu bangunan burung walet disana, maka kemungkinan besar banyak burung walet yang akan bersarang pada bangunan yang Anda buat.

Baca Juga : 10 Khasiat Sarang Burung Walet Paling Maknyus

Tips Mengundang Burung Walet Agar Betah Dalam Rumah Burung Walet

Sebenarnya ada banyak cara untuk memanggil burung walet ke gedung yang kita siapkan. Salah satunya adalah teknik menyemprotkan parfum walet yang membuatnya terpikat. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas cara cepat memanggil walet di bawah ini.

1. Memakai Suara Pemikat Burung Walet

Salah satu rahasia penghobi burung walet dapat memikat banyak burung ke dalam sarang buatannya adalah karena mereka menggunakan suara kicau burung lain untuk memikat burung walet. Umumnya jenis kicau yang digunakan adalah suara anakan burung walet.

Caranya juga cukup mudah. Dengan perkembangan teknologi saat ini, Anda hanya perlu mencari rekaman audio anakan walet di internet. Kemudian, masukan audio ke radio atau compact disk dan putar selama sekitar 3 bulan.

2. Buat Bangunan Agar Nyaman Bagi Walet

Cara cepat untuk memanggil burung walet adalah dengan menyiapkan bangunan yang nyaman untuk burung. Tentunya tempat yang nyaman akan membuat burung walet bersarang dan menginap di gedung yang telah Anda siapkan.

3. Dengan Parfum Aroma Burung Walet

Cara cepat memanggil walet selanjutnya adalah dengan menggunakan teknik penyemprotan parfum walet. Sesuai dengan namanya, parfum ini memiliki aroma seperti burung walet sehingga dapat menarik perhatian burung walet lainnya.

Penyemprotan parfum burung walet ada 2 cara yaitu dengan menggunakan feses dan menggunakan jus sarang burung walet.

4. Menggunakan Burung Kapinis

Anda juga bisa melakukan mancing walet dengan menggunakan burung kapinis. Memang cara ini membutuhkan biaya dan waktu yang tidak sedikit.

Namun jika ada burung walet yang terpancing, bisa dipastikan burung walet akan betah dan cepat berkembang biak disana.

Caranya adalah letakkan dulu beberapa kapinis di gedung yang kamu siapkan.

Nantinya gedung ini akan penuh dengan kapinis selama beberapa bulan. Namun, satu per satu burung walet akan masuk dan mulai mengusir semua kapinis tersebut.

5. Bilik Bambu Tempat Burung Walet Bersarang

Tidak banyak yang tahu bahwa sebenarnya burung walet lebih mudah bersarang di bilik atau anyaman bambu dibandingkan dengan dinding langsung.

Ini akan membuat air liur dari walet menempel lebih kuat dan tidak mudah rontok. Karena itu, Anda bisa menggunakan bilik bambu agar burung walet lebih nyaman.

Caranya adalah dengan menempelkan potongan bilik bambu ke langit-langit bangunan. Selain itu, Anda juga bisa meletakkan kotak-kotak yang terbuat dari bambu di lantai bangunan.

Nantinya, burung walet akan mencari tempat yang paling nyaman untuk bersarang baik di atas ruangan maupun di alas.

6. Dengan Telur Bebek

Cara cepat untuk memanggil walet terakhir adalah dengan menggunakan telur bebek sebagai umpan. Bau telur bebek akan menarik burung walet dan masuk ke dalam bangunan.

Cara memancing burung walet dengan telur bebek juga cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan 7 putih telur bebek dan 4 sarang burung walet.

Campur semua bahan dengan 60 liter air, lalu diamkan di tempat tertutup selama 2 minggu. Semprotkan air yang telah Anda buat pada dinding bangunan di pagi hari. Sehingga baunya cepat menguap dan tidak terlalu tajam.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai rumah burung walet. Semoga dapat menginspirasi Anda dalam membangun bisnis budidaya sarang burung walet ini.

Mohon Bagikan artikel ini ke:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *